SKRIPSI : “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TELKOMSEL SIMPATI PADA PT. TJAHAJA AGUNG TUNGGAL SURABAYA”
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Komunikasi
adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang
lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam
situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap
atau tingkah lakus seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang
diharapkan (Effendy, 2000 : 13). (jurnal-sdm.blogspot.com)
Media
yang sekarang ini banyak dilakukan untuk berkomunikasi yaitu dengan handphone.
Setiap orang banyak yang sudah memiliki handphone dengan beberapa merk dan
dengan operator yang diinginkan.
Teknologi
komunikasi saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan masyarakat umum tetapi juga
menjadi ladang bisnis prospektif. Bisnis operator selular dari tahun ke tahun
terus meningkat seiring perkembangan jaman. Selain itu didukung pula dengan
hadirnya telepon selular yang mampu dijangkau berbagai lapisan masyarakat
hingga bisnis operator selular pun makin berkembang di Indonesia.
Pasar
bisnis selular di Indonesia tampaknya memang tergolong menggiurkan. Tak heran
jika para pelaku usaha bisnis selular ini begitu agresif dalam memperebutkan
pasar. Terlebih lagi dengan masih rendahnya teledensitas, regulasi yang masih
tergolong luas hingga budaya lisan masyarakat Indonesia menjadi indikator
termudah bisnis ini. (www.Businessjournal.co.id)
PT.
Telkomsel merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi
berteknologi GSM (Global System For Mobile Communication). Tanggal 22 Maret
1994, PT. Telkom resmi terdaftar sebagai anggota GSM-MOU yaitu organisasi operator GSM dunia yang pusatnya
di Dublin. Langkah PT. Telkom mewujudkan keinginan untuk menjadi salah satu
operator dengan skala nasional dapat terwujud pada tanggal 24 Agustus 1994,
pemerintah akhirnya menurunkan izin
prinsip kepada PT. Telkom sebagai operator GSM berskala nasional.
Gambar 1
Sumber :
www.slideshares.net
Dalam
data di atas menunjukan bahwa pengguna telkomsel sangat banyak yaitu 132.7 juta
pelanggan dibanding dengan XL, Indosat, Esia, dan Smartfrend. Prestasi PT.
Telkomsel Tbk pun tak dapat diragukan lagi dalam perjalanannya sebagai salah
satu operator selular terbesar di Indonesia. Telkomsel meraih empat penghargaan
pada ajang 2014 Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards di Jakarta,
Selasa (23/9). Telkomsel kali ini dinobatkan sebagai “2014 Indonesia Green BTS
Operator of the Year”, “2014 Indonesia Mobile Broadband Service Provider of the Year”, “2014 Indonesia Mobile
Data Service Provider of the Year”, dan “ 2014 Indonesia Mobile Service
Provider of the Year”. Keempat penghargaan yang diraih secara sekaligus ini
semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai pemimpin di industri selular tanah
air, khususnya didalam mobile data service provider. (www.telkomsel.com). Lima keunggulan yang dimiliki oleh telkomsel
yaitu,
1. Jaringan
yang luas lebih dari 16.500 BTS yang mengcover lebih dari 95% populasi di Indonesia.
2. Kualitas
jaringan High Performance Network, kenyamanan kontinuitas berkomunikasi,
mengatasi kepadatan jalur komunikasi dan kenyamanan layanan data didukung dual
band GSM 900 dan 1800 plus 3G.
3. Fasilitas
sangat lengkap seperti video call, mobile tv, mobile vodeo streaming, high speed internet browsing, mobile banking,
wi fi, Push Email, dan sebagianya.
4. Pelayanan
yang handal berstandar ISO 9001:2000 seperti call center dan GraPARI, serta tersedia juga layanan Gerai
halo, Kisel, Kies Halo, Otlet Dealer dan retail Nasional.
5. Tarif
wajar, yakni tarif yang kompetitif dan hemat sesuai dengan benefit yang diperoleh
pelanggan.
Salah
satu produk dari PT. Telkomsel adalah Simpati yang terkenal sebagai pemimpin
operator selular di segmen pekerja. Tarif yang dapat dijangkau dan fitur
canggih yang lengkap tak menjadikan Simpati selalu mampu memuaskan hati pada
pelanggannya.
Kepuasan
adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan
kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang
diharapkan (Kotler dan Keller (2007 hal 177). Sejalan dengan yang diungkapkan
Sunarto (2006, hal 17) “Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa
seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi/kesannya terhadap
kinerja suatu produk dan harapan-harapannya”. Para pekerja merupakan salah satu
pangsa pasar yang
potensial bagi perusahaan
telekomunikasi baru di
Indonesia. Khususnya dengan menggunakan strategi harga. Sehingga sering
kali kita temui persaingan harga atau perang tarif di antara perusahaan
telekomunikasi.
Kepuasan
pelanggan merupakan tingkat perasaan di mana seseorang menyatakan hasil
perbandingan atas kinerja barang atau jasa yang diterima dan yang diharapkan.
(Kotler, dalam Lupiyoadi, 2001:158)
Sedangkan
menurut Buttle (2004, hal 29) kepuasan pelanggan adalah respons berupa perasaan
puas yang timbul karena pengalaman mengkonsumsi suatu produk atau layanan, atau
sebagian kecil dari pengalaman itu. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan misalkan product quality (kualitas produk), price (harga), dan trust
(kepercayaan).
Dilihat
dari segi kualitas produk, kualitas mencerminkan kemampuan produk untuk
menjalankan tugasnya yang mencakup daya tahan, kehandalan, kemajuan, kekuatan,
kemudahan dalam pengemasan, dan reparasi produk dan ciri-ciri lainnya (Kotler
dan Amstrong, 1997:279). Kualitas produk Simpati sering dikeluhkan pelanggan
karena kualitas jaringan yang buruk terutama pada hari raya Lebaran dan musim
hujan. Produk yang berkualitas merupakan sesatu yang diinginkan konsumen.
Kualitas jasa telekomunikasi yang bagus tentu sangat dibutuhkan konsumen dalam
kegiatan sehari-hari. Semakin tinggi derajat kepuasan yang diterima konsumen
atas pemakaian suatu produk, mengidentifikasikan produk semakin bermutu.
Dilihat
dari segi harga produk, harga merupakan sejumlah nilai yang dirukarkan konsumen
dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa yang nilainya
ditetapkan oleh pembeli atau penjual (melalui tawar menawar) atau ditetapkan
oleh penjual untuk suatu harga yang sama terhadap semuapembeli (Stanton, 1994).
Harga merupakan salah satu faktor yang harus dikendalikan secara serasi dan
selaras dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Persaingan harga atau
tarif yang terjadi di antara perusahaan telekomunikasi saat ini sangat ketat.
Tetapi perusahaan harus tetap bijak dalam menentukan tarif yang ditawarkan,
dengan pertimbangan faktor internal dan faktor eksternal. Untuk harga, produk
Simpati mampu bersaing dibanding produk selular lain. Tarif harga Simpati
dibuat sesuai dengan para pekerja yang sudah mempunyai penghasilan sendiri.
Dari
segi kepercayaan, yang merupakan salah satu unsur dalam kepuasan pelanggan.
Spekman (1998) mengemukakan betapa pentingnya trust (kepercyaan) bagi perdagangan karena hubungan
yang terjadi dicirikan oleh adanya kepercayaan yang tinggi sehingga pihak-pihak
yang berkepentingan akan berkeinginan untuk melaksanakan komitmen mereka demi
hubungan kerjasama akan berkeinginan untuk melaksanakan komitmen mereka demi
hubungan kerjasama yang sukses membutuhkan kepercayaan saling menghormati dan
menghargai, komunikasi yang baik serta kerelaan untuk berbagi dengan mitranya.
Untuk
mengetahui kepuasan pelanggan Telkomsel (Simpati), khususnya dikalangan para
pekerja atau karyawan dengan persaingan yang terjadi di pasar saat ini dengan menggunakan variabel kualitas
produk, harga, dan kepercayaan.
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka judul penelitian tentang “ANALISIS PENGARUH
KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TELKOMSEL
SIMPATI PADA PT. TJAHAJA AGUNG TUNGGAL SURABAYA”.
B. RUMUSAN MASALAH
Adapun
masalah dari penelitian ini adalah “product quality (kualitas produk), product
price (harga produk) dan trust (kepercayan) pada produk Simpati dapat
mempengaruhi kepuasan pelanggan pada produk Simpati”.
Pertanyaan-pertanyaan
penelitian sebagai berikut :
1. Bagaimana pengaruh kualitas produk,
harga produk, dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada produk Simpati
di PT. Tjahaja Agung Tunggal Surabaya?
2. Diantara
kualitas produk, harga produk, dan kepercayaan mana yang paling berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan pada poduk Simpati di PT. Tjahaja Agung Tunggal
Surabaya?
C. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk
menganalisis pengaruh kualitas produk, harga produk, kepercayaan terhadap
kepuasan pelanggan pada produk Simpati di PT. Tjahaja Agung Tunggal Surabaya.
2. Untuk
menganalisis diantara kualitas produk, harga produk, kepercayaan yang paling
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada produk Simpati di PT. Tjahaja
Agung Tunggal Surabaya.
D. MANFAAT PENELITIAN
1.
Bagi penulis
Hasil pemelitian ini
diharapkan dapat menambah perbendaharaan perpustakaan STIE WIWAHA YOGYAKARTA
khususnya dalam bidang manajemen pemasaran serta dapat digunakan debagai
referensi untuk penelitian berikutnya.
2.
Bagi Perusahaan.
Hasil penelitian ini
diharapkan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh bagian manajemen
rumah PT. Telkomsel Sebagai program tindak lanjut untuk mengetahui
faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap penggunaan operator terutama Simpati.
3.
Bagi Pihak Lain
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi dalam
melakukan penelitian di masa yang akan datang.
(a.r/red)
0 komentar:
Post a Comment