ALASAN MENGAPA MANUSIA LEBIH MULIA DAN TINGGI DERAJATNYA DARI MALAIKAT DAN MAHLUK ALLAH YANG LAIN



Manusia memang makhluk Allah yang paling sempurna penciptaannya dari makhluk yang lain, sehingga para malaikat di suruh sujud kepada Nabi Adam tidak terkecuali para Setan, Jin dan Iblis namun ketiganya itu memilih untuk membangkang dengan alasan penciptaan Nabi Adam terbuat dari tanah sedangkan dirinya merasa lebih mulia karena diciptakan dengan api, alasan itulah yang membuat Setan, Jin dan Iblis di usir oleh Allah SWT dari Surga, tidak hanya itu malaikat juga sempat menanyakan kepada Allah SWT “ ….. Apakah Engkau akan menciptakan orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan mengalirkan darah, sementara kami selalu bertasbih dengan memuji serta mengagungkan-Mu ” seperti yang tertulis dalam Al-Qur’an Surah Al Baqarah ayat 30.

Namun kemudian Allah juga menjawabnya dalam lanjutan surah tersebut “ Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui “ dan di ayat berikutnya dalam Surah Al-Baqarah ayat 31-33 Allah memberi penjelasan kalau Nabi Adam lebih tinggi derajatnya dari pada Malaikat dengan memberikan contoh langsung kepada keduanya dengan menyuruh Nabi Adam dan Malaikat untuk menyebutkan Nama-Nama Benda yang ada di sekitarnya, Namun Apa yang terjadi ?? Malaikat tidak bisa menjawabnya dan Allah menyuruh Nabi Adam untuk memberitahukan Nama-Nama Benda tersebut kepada Malaikat karena sebelumnya Allah sudah menjelaskan kepada Nabi Adam semua nama-nama benda dan lain sebagainya tersebut seperti yang tercantum dalam surah Al-Baqarah ayat 31 dan kemudian malaikatpun berkata : “ Maha Suci Engkau ! Tidak ada penge­tahuan bagi kami. kecuali yang Engkau ajarkan kepada Kami. Karena sesungguhnya Engkau­lah Yang Maha Tahu, lagi Maha Bijaksana.” dan kemudian Allah pun berfirman dalam lanjutan Surah tersebut pada Al Baqarah ayat 33. “Bukankah telah Aku katakan kepada kamu, bahwa sesungguh­nya Aku lebih mengetahui rahasia semua langit dan bumi, dan lebih Aku ketahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembuyikan “.

Dari itu kita bisa mengetahui betapa mulianya kita sebagai manusia sehingga Allah pun memerintahkan kepada semua makhluknya untuk bersujud kepada manusia (Nabi Adam) bahkan malaikatpun mahluk Allah yang tidak pernah melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah dan selalu mengagungkan dan memuji kebesaran-Nya juga di suruh untuk bersujud dari saking mulianya kita, bahkan di ayat yang lain Allah berfirman “ Manusia itu diciptakan dalam sebaik-baik bentuk ” dari beberapa penjelasan diatas apakah kita masih ragu akan Nikmat yang Allah berikan bukannya kita diberi akal untuk bisa berfikir dan mensyukuri apa yang terjadi karena semua yang ada di langit dan bumi itu sudah di atur oleh Allah SWT dalam ketentuanNya dan sudah tercatat dalam kitabnya Lauful Mahfudz.

Apakah kita masih layak untuk mengeluh, memprotes kepada Allah SWT ?

Bukannya Allah menjanjikan nikmat dan derajat yang tinggi bagi siapa saja yang bisa bersyukur dan selalu percaya akan kehendak ataupun jalan yang terbaik bagi mereka sendiri, karena setiap manusia mempunyai jalan hidup dan rejeki serta nikmat sesuai dengan takarannya masing-masing.

Untuk itu sekarang marilah kita mulai bersyukur sebagai manusia dan selalu tetap menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangan-Nya terlepas dari berbagai macam persoalan yang menimpa hidup teruslah berfikir positif dan selalu rendah hati tetaplah berusaha dan selalu berdoa untuk kebaikan hidup kita baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin .. !!

SEKARANG BERHENTILAH MENGELUH MULAILAH BERSYUKUR … !!!

Demikian yang bisa saya share dalam artikel kali ini, jika ada yang keliru ataupun salah mari kita saling mengkoreksi dan melengkapi. Semoga bermanfaat … !!!

Terima Kasih.

(a.r / red)


0 komentar:

Copyright © Ainur R. 2018 Berbagi Ilmu