SKRIPSI : “ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PONSEL SAMSUNG BERBASIS ANDROID PADA PT. GUBAH TIARA PERKASA SURABAYA”
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Seiring
dengan berkembangnya perekonomian dewasa ini yang ditandai dengan pertumbuhan
industri dan perdagangan yang demikian pesat, menyebabkan timbulnya persaingan
diantara perusahaan semakin ketat dalam merebut pasar untuk melemparkan hasil
produksinya. Mesin-mesin yang serba otomatis dapat menghasilkan produk secara
besar-besaran. Namun, kemampuan berproduksi umumnya lebih besar bila
dibandingkan dengan volume penjualan. Ini merupakan tantangan bagi pimpinan
perusahaan untuk menggiatkan pemasarannya.
Berbagai
macam ide bisnis pun dikeluarkan oleh para pebisnis agar dapat terus bersaing
di pasaran dan berharap menjadi yang nomor satu. Mulai dari bisnis kuliner,
otomotif, asuransi, pakaian, kesehatan, kecantikan, elektronik, dan lain
sebagainya. Salah satu bisnis yang menjanjikan di zaman yang modern ini adalah
peluang bisnis elektrronik karena saat ini, alat-alat elektronik terutama ponsel sudah menjadi kebutuhan
pokok bagi masyarakat modern di Indonesia maupun di dunia. Mulai dari anak-anak
hingga dewasa, hampir semuanya mempunyai ponsel. Dengan adanya perubahan gaya
hidup tersebut, bisnis elektronik sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa
ditinggalkan oleh masyarakat modern. Semakin tinggi tingkat ekonomi, masyarakat
semakin tergoda untuk membeli ponsel-ponsel canggih untuk kebutuhan maupun
hanya untuk meningkatkan kelas sosial.
Jika
dahulu seseorang cukup duduk di belakang barang dagangannya sambil menanti
calon pembeli, sekarang mau tidak mau harus keluar menemui pembeli untuk
menawarkan barang dagangannya. Mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk
pelanggan agar mau membeli adalah hal yang sangat penting agar produk yang kita
hasilkan cepat laku terjual. Komunikasi yang baik dengan para calon pembeli
adalah komunikasi yang dapat menimbulkan persepsi konsumen dan membentuk suatu
rangsangan untuk mengetahui lebih banyak dan pada akhirnya akan menimbulkan
minat beli.
Minat
beli merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan
yang berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan
konsumen melakukan pembelian (Assael, 2001).
Namun,
minat beli tidak hanya di timbulkan dengan komunikasi semata tetapi juga dengan
adanya promosi. Promosi yang sukses tergantung pada cara marketer dalam
melakukan promosi. Pada umumnya, cara yang di terapkan oleh para marketer yaitu
menggunakan bauran promosi (Promotion mix). Bauran promosi terdiri dari iklan,
promosi penjualan, publisitas, dan penjualan perorangan. Menghadapi hal itu,
Samsung, terutama departemen pemasarannya sangat memperhatikan bagian promosi
untuk meningkatkan volume penjualan sesuai dengan target yang telah
direncanakan. Macam-macam promosi yang dilaksanakan oleh Samsung yaitu : iklan,
promosi penjualan, publikasi, dan penjualan perorangan.
Atas dasar latar belakang yang
telah diutarakan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian
secara ilmiah tentang promotion mix. Hasil dari penelitian tersebut di tuang
dalam sebuah proposal yang penulis beri judul : “ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PONSEL
SAMSUNG BERBASIS ANDROID PADA PT. GUBAH TIARA PERKASA SURABAYA.”
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarakan latar belakang
tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimanakah
pengaruh bauran promosi terhadap perilaku pembelian ponsel Samsung berbasis
Android pada PT. Gubah Tiara Perkasa Surabaya?
2. Diantara
bauran promosi yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, publisitas, dan
penjualan langsung, elemen promosi manakah yang paling berpengaruh terhadap
perilaku pembelian?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah dan pertanyaan penelitian di atas, tujuan dari penelitian ini
dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Untuk
menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap perilaku pembelian ponsel Samsung
berbasis Android pada PT. Gubah Tiara Perkasa Surabaya
2. Untuk
menganalisis elemen bauran yang paling berpengaruh terhadap perilaku pembelian.
1.4 Manfaat penelitian
Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa :
1. Bagi
perusahaan, dapat memberikan manfaat sebagai saran atau kritik untuk perusahaan
agar dapat lebih berkembang dan maju dalam memasarkan produk dan mengetahui
cara-cara untuk menarik perhatian serta minat beli konsumen.
2. Bagi
peneliti, yaitu sebagai pembelajaran dalam memperoleh data dan informasi yang
tepat.
3. Bagi
peneliti selanjutnya, yaitu sebagai acuan atau referensi untuk perbandingan
dalam melakukan penelitian di bidang yang sama.
(a.r/red)
0 komentar:
Post a Comment