4P MARKETING MIX TOKOPEDIA


Sejarah Berdirinya Tokopedia

Company Name            : Tokopedia 
Contact Information     : Rukan Permata Senayan Blok E no 8 Jl Tentara Pelajar Kebayoran Jakarta.
Website                         : www.tokopedia.com 

  • Visi dan Misi
Memberi kesempatan bagi setiap individu bisnis maupun UKM untuk membuka toko online mereka dengan cara yang mudah dan memungkinkan terjadinya transaksi online yang lebih nyaman dan aman.

  • Company Profile
Tokopedia adalah ensiklopedia toko-toko online Indonesia dengan wujud sebuah mall online yang mempertemukan para penjual dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online dengan lebih aman dan nyaman.

  • Sejarah berdirinya Tokopedia
Dalam cerita santainya yang sesekali disela humor, bang Leon mengatakan bahwa tokopedia secara resmi berdiri pada 06 Februari 2009. Menurutnya, tokopedia adalah sebuah perusahaan yang terbentuk dengan cara kebetulan. Saat itu bang Leon bersama William Tanuwijaya bersama dua teman lainnya sedang tergabung dalam sebuah tim kerja. Sehari-hari mereka bekerja mengembangkan aplikasi sms content, sms broadcasting, dan juga beberapa website pesanan.

Dalam tim kerja tersebut William Tanuwijaya menjabat sebagai IT & Business Development Manager, bang Leon sebagai General Manager, dan dua teman lainnya (Albert, dan Andry) sebagai web developer.

Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT. Indonusa Dwitama (anak perusahaan dari Nusapati Group) yang merupakan perusahaan investasi di bidang tambang boksit, penanaman kelapa sawit, toko daring, trading dibidang minyak & energi serta jasa keuangan  pada Februari 2009.  Saat masih dalam versi "tertutup" dimana pengguna hanya berdasarkan undangan, Tokopedia memenangkan BubuAwards 2009 dengan kategori “Corporate Awards E-Commerce Category”.

Tokopedia menerima dana investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang. 
Tokopedia mempunyai 56,538 pengguna terdaftar, 5,984 toko daring, dan 115,617 produk yg ditawarkan (per tanggal 01 November 2010). Selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010, Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir 6 miliar rupiah

apa yang tak kenal Tokopedia, sebuah perusahaan start up yang bergerak di bidang jual beli online. Dilihat secara sekilas, tokopedia tidak berbeda jauh dengan toko-toko online layaknya lazada, zalora dan semacamnya. Namun jika kita melihat lebih detail, tokopedia bukanlah sebuah online shop yang berdiri sendiri melainkan tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di Indonesia.

Oktober 2014 lalu Tokopedia secara resmi mengumumkan bahwa perusahaan mereka baru saja menerima investasi sebesar 100 juta USD dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia. Sungguh nilai investasi yang sangat mengagumkan, jika di rupiahkan angka tersebut memiliki nilai sekitar 1.2 Trilyun Rupiah. 

Tokopedia saat ini sudah menjadi perusahaan yang sangat besar di bidangnya, dikabarkan Tokopedia telah menjadi marketplace berbasis transaksi online dengan tingkat kunjungan paling tinggi di Indonesia, mengungguli Multiply , Qoo10 , dan Rakuten.

Dalam sebuah acara makan siang bersama, William Tanuwijaya mengungkapkan bahwa ia sedang mendapatkan order side-job mengembangkan sebuah website e-commerce. Saat itu juga terbesitlah ide diantara mereka untuk mulai membuat startup dalam bidang jual beli online. Singkat cerita merekapun memutuskan untuk mendirikan perusahaan ini dengan nama awal belanjaaman.com

Nama domain belanjaaman.com mengusung konsep yang menawarkan sistem “Belanja Aman” kepada para pelaku pasar transaksi jual-beli online di Indonesia. Pemilihan nama domain ini atas dasar seringnya terjadi penipuan transaksi online dalam sebuah forum yang kebetulan saat itu William Tanuwijaya adalah Super Moderator. 

Sayangnya, bang Leon tidak menyukai nama domain yang dipilih William Tanuwijaya tersebut. Mereka terus berusaha mencari sebuah nama yang orisinal. Nama pendek, tanpa arti, yang bisa dipasarkan dengan baik. setelah melewati proses seleksi yang cukup panjang, akhirnya akhirnya ide nama Tokopedia itu datang. Idenya, website e-commerce ini diharapkan menjadi ensiklopedia toko-toko online di Indonesia. toko + ensiklopedia = tokopedia.
1. Product
apa yang tak kenal Tokopedia, sebuah perusahaan start up yang bergerak di bidang jual beli online. 

Dilihat secara sekilas, tokopedia tidak berbeda jauh dengan toko-toko online layaknya lazada, zalora dan semacamnya. Namun jika kita melihat lebih detail, tokopedia bukanlah sebuah online shop yang berdiri sendiri melainkan tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di Indonesia.

1.1  Cara Berbelanja

Cari barang yang diinginkan
Pertama-tama, tentunya Anda harus mencari terlebih dahulu barang yang diinginkan. Anda bisa menggunakan fitur pencarian yang tersedia di Tokopedia atau mencari menggunakan Direktori Produk maupun Toko.

Masukkan ke keranjang belanja
Setelah menemukan barang yang Anda ingin beli, klik menu "Beli" yang berada di sisi kanan layar produk. Kemudian isi formulir Beli dengan alamat tujuan pengiriman barang (ongkos kirim akan dihitung otomatis sesuai dengan lokasi penjual, alamat tujuan pengiriman barang, dan berat kemasan), pada saat Anda memilih Kota pastikan Kecamatan dan Kabupaten sudah benar untuk menghindari kesalahan penghitungan ongkos kirim ataupun kesalahan pengiriman barang. Setelah selesai Anda bisa klik tombol Tambah.

Keranjang Belanja berfungsi untuk menampung barang-barang yang ingin Anda beli. Anda bisa meneruskan berbelanja dan sewaktu-waktu apabila Anda ingin melihat isi keranjang belanja Anda kembali, Anda bisa klik tombol "keranjang" yang berada di sisi kanan Header Menu.

Cek kembali pemesanan & lakukan pembayaran
Setelah puas berbelanja, konfirmasi pemesanan diperlukan sebagai konfirmasi belanja Anda dan perhitungan total pembayaran yang harus Anda lakukan. 

Caranya, Anda masuk ke keranjang belanja terlebih dahulu (klik "keranjang" di panel sebelah kiri). Pada halaman ini Anda dapat mengecek pesanan dan Anda masih bisa melakukan perubahan sesuai keinginan.

Menunggu konfirmasi penjual
Setelah berhasil diverifikasi, penjual akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan baru. Penjual diberi waktu hingga 3 hari untuk memproses order.

Apabila penjual menolak order karena stok habis, perubahan harga, maupun alasan lainnya yang menyebabkan pengiriman barang tidak dapat dilakukan maka dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke saldo deposito pembeli.

Apabila penjual tidak memberikan konfirmasi status dalam 3 hari setelah pembayaran diterima, maka pesanan akan otomatis dibatalkan, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo deposito pembeli.

Penjual yang sudah memberikan konfirmasi kesediaan memproses barang, diberikan waktu hingga 5 hari dari tanggal pembayaran diterima Tokopedia untuk menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang. Jika tidak, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo deposito pembeli.

Pantau status barang
Apabila penjual sudah menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang, maka Anda bisa menggunakan fitur Lacak untuk memantau sudah sampai di mana pengiriman barang Anda.

Konfirmasi penerimaan barang
Setelah barang sampai, Anda diberikan waktu hingga 3 hari untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang. Jika tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang hingga akhir waktu yang ditentukan, maka transaksi dianggap selesai, dan dana akan kami teruskan ke saldo deposito penjual.

Pada banyak kasus, pembeli telah menerima barang sebelum tombol konfirmasi penerimaan barang muncul. Hal ini disebabkan karena Tokopedia bergantung pada data kurir pengiriman, dan seringkali data belum di-update oleh kurir ketika barang sudah sampai di tangan Anda. Harap menunggu 1x24 jam, kemudian Anda dapat melakukan konfirmasi penerimaan setelah data terupdate.

2. Price
Dalam Strategi marketing mix khususnya dalam harga Tokopedia memberikan  dua  pilihan  :

  • Harga Pas 
Harga sudah pas, penjual tidak perlu pusing melayani negosiasi harga. Penjual bisa fokus melayani calon pembeli yang serius.

  • Harga Grosir
Penjual bisa menentukan minimum pembelian dan sistem diskon untuk pembelian grosir.

3. Placement
                 Dalam strategy placement ini, tokopedia bekerja sama dengan berbagai website yang sering orang kunjungi seperti memasang iklan produknya seperti di Detik.com ada juga lewat media sosial seperti Iklan TV, BBM, Facebook, Twitter, Blogger dll untuk lebih mengenalkan dunia luar dengan websitenya. 

4.    Promotion

  • Website ini melayani :
1. Pengiriman barang bukan jasa
2. Barang ready stock
3. Barang yang di deskripsikan untuk dijual sesuai dengan barang yang dikirim
4. Harga pasti tidak terjadi tawar-menawar harga
5. Bila barang tidak sesuai bisa komplain
6. Dana bisa dikembalikan dikarenakan stok abis, penjual tidak memproses  setelah 3 hari pembayaran, kelebihan pembayaran
7.  Hanya melayani transaksi nasional belom melayani pemesanan dan pengiriman luar negeri
8. Menggunakan agen jasa pengiriman (JNE, RPX, TIKI, WAHANA, Cahaya Logistik, POS Indonesia, Pandu Logistics dan First Logistics)
9. Tidak menerapkan sistem pembayaran COD (Cash On Delivery), sistem pembayarannya melalui rekening tokopedia dahulu setelah barang diterima oleh pembeli. Pembayaran tersebut dikirim oleh penjual. Jika penjual tidak mengirimkan pesanan sesuai batas waktu yang kami berikan, transaksi akan dibatalkan dan dana pembayaran dikembalikan sepenuhnya kepada pembeli.
10. Pembayaran dapat melakukan melalui Transfer ATM, setoran tunai, e-banking, maupun mobile-banking ke nomor rekening tokopedia. Bisa juga Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash, BCA KlikPay.
11. Ongkir dapat digabungkan bila pembelian barang dengan toko yang sama bila toko berbeda ongkir dipisahkan
12. Dapat melakukan penarikan dana rekening bank yang sama (BCA, Mandiri, BRI dan BNI) 1 x 24 jam selain bank tersebut 2 x 24 jam.

Ada beberapa kelebihan Tokopedia dari berbagai pesaing :

Buka toko online praktis dan gratis!
Buka toko online di tokopedia tidak dipungut biaya, dan pengelolaannya juga sangat mudah. Anda otomatis mendapatkan sub-domain dan tools ecommerce lengkap mulai dari management toko, produk, hingga transaksi.
Asisten pribadi gratis!
Buat Anda yang membuka toko online di Tokopedia, anda juga akan mendapatkan fitur Asisten Pribadi, gratis! Semua order yang anda terima lewat website tokopedia sudah melalui verifikasi pembayaran dari kami.
Perluas pasar dan tingkatkan penjualan Anda
Akan lebih banyak mata yang melihat ke etalase Anda, sehingga potensi terjadinya transaksi dari pasar-pasar baru yang selama ini belum Anda jangkau akan semakin lebih besar.
Pilihan barang lebih banyak
Tokopedia diibaratkan sebagai sebuah mal, yang memungkinkan setiap pengguna membuka toko-online mereka dengan mudah bahkan gratis. Pilihan barang yang tersedia pun menjadi lebih variatif dengan adanya keberagaman ini.
Lebih aman
Berbagai sarana penunjang dan sistem terpadu yang dimiliki Tokopedia mampu meminimalisir kekhawatiran Anda. Takut kartu kredit Anda disalahgunakan? Seluruh transaksi yang dilakukan di Tokopedia menggunakan transfer antar-rekening bank. Khawatir akan terjadinya penipuan? Rekening yang digunakan adalah rekening milik Tokopedia sebagai escrow-account.
Mudah mencari barang yang diinginkan
Tokopedia dilengkapi dengan mesin pencari yang akan memudahkan pencarian barang yang Anda inginkan. Gunakan juga fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai katalog belanja Anda.
Tracking Order
Tokopedia terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah Anda untuk memeriksa status pengiriman barang Anda.
Komunitas jejaring sosial!
Tokopedia adalah mal online berbasis komunitas. Manfaatkan fitur-fitur yang dikembangkan untuk komunitas, seperti Talk About It untuk melihat produk apa yang sedang happening saat ini, dan Review untuk melihat kualitas produk dan reputasi dari para penjual.
Beragam even menarik!
Secara berkala, Tokopedia mengadakan event-event menarik mulai dari menyediakan highlight barang-barang dengan potongan harga, hingga mengadakan event-event berhadiah. So, stay tune on Tokopedia, karena di Tokopedia: Belanja online aman dan nyaman
Dagangan Semakin Laris!
Sebagai mal online terbesar Indonesia, Tokopedia dikunjungi jutaan pengunjung yang berpotensi menjadi calon pembeli di toko online Anda. Dengan halaman toko online pribadi yang cantik dan elegan, brand toko online Anda pun semakin dikenal
Gratis & Bebas Komisi Penjualan!
Sudah punya Online Shop? Buka cabang nya saja di Tokopedia. Bebas resiko, karena semuanya serba Gratis! Bahkan bebas komisi penjualan!
Terhubung ke Berbagai Logistik
Tidak perlu lagi membalas pesan seputar biaya ongkos kirim! 
Toko online Anda kini terhubung ke 6 logistik terbesar Indonesia.
Hitung ongkos kirim, dan tracking pesanan semua bisa dilakukan secara otomatis dan real 
Dapatkan Kepercayaan Pembeli Baru
Tidak perlu lagi repot COD!
Pembeli akan merasa aman berbelanja produk Anda berkat fasilitas
GRATIS Rekening Bersama dari Tokopedia.

KESIMPULAN

Karena Tokopedia tidak berjualan langsung, reputasi penjual akan sangat bergantung pada setiap pembeli yang melakukan transaksi di Tokopedia.
Oleh karenanya luangkanlah waktu Anda untuk menulis ulasan singkat untuk setiap transaksi yang telah berhasil, sehingga Anda bisa membantu Tokopedia menyediakan iklim transaksi yang lebih nyaman.
Anda bisa memberikan ulasan kepada penjual terkait:

  • Kecepatan
Seberapa cepat penjual memberikan konfirmasi pemrosesan barang yang Anda inginkan? Dan seberapa cepat pengiriman dilakukan?

  • Akurasi
Seberapa tepat barang yang sampai di tangan Anda dengan barang yang dijanjikan lewat gambar dan deskripsi di etalase penjual?

  • Pelayanan
Seberapa baik penjual menanggapi pertanyaan-pertanyaan Anda di Diskusi Produk ataupun melalui Kirim Pesan.

0 komentar:

Copyright © Ainur R. 2018 Berbagi Ilmu