7 WISATA TERKENAL DI PULAU KANGEAN (RECOMMENDED)


ar.doc
Hai Sobat Travellista,

Kali ini mimin akan mencoba memberikan informasi tempat-tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi nih, yang mana sebelumnya pasti belum pernah kalian ketahui, karena mengapa ? disamping letaknya yang cukup jauh dari kota dan juga minimnya media yang mengekspos berbagai wisata diberbagai tempat dipulau ini, iya bener sekali PULAU KANGEAN ! 

Mari kita coba Explore lebih dalem lagi, Let's Go..!!

Sekilas Pulau Kangean merupakan pulau terjauh dan terbesar yang berada di Kabupaten Sumenep, dimana mayoritas penduduknya bermata pencaharian petani, nelayan, pedagang dan TKI. Disamping itu pulau ini juga merupakan salah satu pulau penghasil minyak terbesar di Indonesia yang diantaranya bernaung dibawah Perusahaan Kangean Energy Indonesia (KEI).

Tak hanya itu pulau ini juga memiliki potensi wisata yang cukup bagus dan menjanjikan karena semua wisatanya mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, Apa saja ? mari kita lihat beberapa wisata dibawah ini. GO...!!!

1. GOA KUNING

ar.doc
Goa kuning merupakan wisata alam yang terletak di desa Kalikatak, yang konon katanya tempat ini merupakan tempat persembunyian warga saat terjadi penjajahan di zaman kolonial Belanda. Ditempat ini juga kalian bisa temui berbagai perlengkapan dapur dalam bentuk batu seperti lesung, wajan, lemari dll. Unik Bukan !! tak hanya itu Goa ini juga memiliki beberapa ruangan yang katanya dulu dijadikan tempat peristirahatan warga namun sayang sekali akses menuju ruangan ini agak susah karena disamping tempatnya yang gelap dan juga banyak tumbuhan yang tidak terawat disini sehingga masih belum memungkinkan untuk dimasuki. Beberapa susunan batu, aliran air, stalaktit dan stalakmit masih bisa ditemui ditempat ini. Keren bukan ? Ayoo tunggu apa lagi ..!

2. PASIR PUTIH

ar.doc
Pasir putih merupakan wisata pesisir yang berhamparkan pasir dengan ditemani pepohonan, semilir angin dan deburan ombak yang tak kalah cantik. Wisata ini terletak di batuguluk deket dengan pelabuhan yang mana masuk teritori desa Bilis-bilis. Tempat ini cukup familiar dikalangan masyarakat kangean apalagi dimusim libur Lebaran banyak sekali pengunjung yang dateng ke tempat ini untuk sekedar bernostalgia dengan temen-temen lama sekalian bakar-bakar ikan dipinggir pantai. Asyik bukan . !! Eits, tempat ini GRATIS loh cukup bayar uang parkir saja ..

3. PANTAI SAPOONG (CELLONG)

www.instagram.com/febi_aryanti
Nah yang satu ini merupakan salah satu wisata unggulan dipulau kangean, yang mana lagi kalau bukan SAPOONG. Wisata ini sempat viral beberapa bulan yang lalu sejak pertama kalinya dibuka dan dipromosikan ke publik oleh warga dan aparat sekitar. Berbagai fasilitas dan keindahan pantai tentunya menjadi faktor utama ketertarikan para pengunjung ke tempat ini, serta juga akan dimanjakan dengan wahana permainan seperti speed boat, sepeda air dan lain-lain. Mimin jamin tidak akan menyesal dateng ke tempat ini..!!

4. PULAU MAMBURIT

ar.doc
Mamburit, sepertinya nama ini sudah tidak asing lagi bagi penduduk lokal. Pulau ini cukup dekat dengan Pelabuhan Batuguluk hanya perlu menempuh waktu sekitar 20 menit dengan menumpangi perahu sekitar. Di pulau ini kalian akan dimanjakan dengan pemandangan pantai dan laut serta deretan pohon sukun yang menemani tiap jalan. Bagi para pencinta selfi ria dan agan-agan sosialita hehe pastinya sangat menggembirakan dan seakan tidak mau pulang lagi jika sudah berkunjung ke tempat ini, karena mengapa ? banyaknya spot-spot foto yang sangat bagus dengan berlatar belakang pulau dan laut, deburan ombak, pesisir pantai, taburan pasir menjadi daya tarik tersendiri bagi agan-agan semua serta juga bisa mengambil spot foto diketinggian dengan menaiki menara kontrol ditempat ini. Sudahlah jangan kelamaan mikir kapan lagi coba, masa kerja terus ..... hehhehe


5. KEBUN IJO

www.instagram.com/febi_aryanti
Bagi yang pengen makan-makan dioutdoor serta canda tawa bersama keluarga dan temen-temen dengan merasakan sensasi yang berbeda maka Kebun Ijo adalah tempatnya. Tempat ini terletak di desa Pabian yang mana didesa ini pula ada wisata lain yang tak kalah ciamik, apa namanya ? eits sabar dulu kita selesaikan yang satu ini. Tempat ini dekat dengan pantai dan juga terdapat banyak pohon kelapa serta rerumputan yang berbaris dengan rapi disini, sehingga jika dateng ke tempat ini pasti akan merasakan suasana yang berbeda dimana paduan warna yang sejuk, riuh pepohonan dan semilir angin akan membuat kalian merasa betah disini dan yang pasti tempat ini juga merupakan spot foto terbaik yang diidamkan oleh para pencinta selfie ria .. Hehehe monggo ...!!

6. PEMANDIAN CELGUNG

www.instagram.com/febi_aryanti
Baru saja bahas wisata didesa Pabian, eh ternyata ada lagi hehehe. Iyaps Celgung, meminjam bahasa anak kekinian maka tempat ini bisa dibilang dengan wisata legend dipulau ini. Siapa yang tak kenal dengan tempat ini dari anak kecil sampek kakek nenek pasti pernah berkunjung kesini. Karena apa, tak lain celgung merupakan wisata pemandian alami yang airnya berasal dari sumber bawah tanah langsung yang menyegarkan bagi setiap para pengunjung yang berenang disini dan yang paling pasti GRATIS TIS TISS tidak dipungut biaya sepeserpun, jadi wajar tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung apalagi dihari weekend dan musim-musim liburan. Dan yang unik lagi, tempat ini ketika air laut pasang maka terjadi percampuran dua mata air dari air sumber dengan air laut karena mengapa, sisi utaranya langsung berbatasan dengan laut. Jadi bisa dibilang mirip-mirip yang ada ditimur tengah sana .. hehehe ...

7. BUKIT GELIGIR

www.instagram.com/febi_aryanti
Terakhir Bukit Geligir, jika semua wisata diatas membahas pantai, laut, pesisir, dan kebun maka yang satu ini berbeda dari yang diatas itu semua, yangmana tempat wisata kali ini berada diketinggian tepatnya dibukit Geligir desa Sawah Sumur, jadi jika bosen jalan-jalan ke pantai maka Geligir adalah solusinya. View dari ketinggian yang memanjakan dan sensasi yang berbeda menjadi salah satu faktor utama daya tarik dari tempat ini.

Lengkap sudah wisata dipulau kangean, jika pengen maen dan jalan-jalan ke pantai maka ada Sapoong dan pasir putih, jika pengen merasakan sensasi menyeberangi laut dan berkunjung ke pulau maka Mamburit adalah tempatnya, jika pengen wisata keluarga ada Kebun ijo, pengen renang ada pemandian Celgung, jika pengen mendaki dan merasakan sensasi di ketinggian ada Geligir dan jika pengen wisata sejarah dan unik ada Goa Kuning. 

Jadi tunggu apalagi sob, dari ketujuh wisata diatas semuanya LOW BUDGEEETTT .. maka sudah saatnya liburan ke Pulau Kangean menjadi prioritas utama .. tak hanya itu masih banyak wisata lain yang juga menarik dan layak untuk dikunjungi dipulau ini untuk sekedar melepas rasa penat dan bosen dari rutinitas yang ada.

Ayoo Buruan .. mari Explore Pulau Kangean.. !!!
(a.r/red)

Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar dibawah ini terima kasih.

0 komentar:

Copyright © Ainur R. 2018 Berbagi Ilmu