PENGERTIAN KARIR, FAKTOR PENDORONG PENGHAMBAT KARIR DAN PROFESIONALISME KERJA
- Pengertian Karir
adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa belanda
yaitu ”carriere” yang artinya perkembangan
atau kemajuan.
- Maksudnya
perkembangan atau kemajuan baik dalam bidang
pekerjaan,maupun kehidupan untuk bisa menjadi lebih baik.
Berikut ini adalah factor
pendorong dari karier :
1.
Penampilan:
penampilan ini menduduki
posisi pertama karena orang bisa menghargai itu berawal dari bagaimana kita
menampilkan diri kita.
2.
Optimistis:
Setelah kita berpenampilan
baik kita tumbuhkan rasa optimistis dalam diri kita yakni dengan selalu
berusaha dan mengambil setiap kesempatan
yang ada agar kita bisa lebih maju lagi kedepannya.
3.
Bekerja dengan cerdas dan keras:
kecerdasan bisa membantu kita
bagaimana bisa bekerja dengan cara efisien dan efektif, sedangkan kerja keras
bisa membantu untuk bekerja lebih giat
meskipun dalam tekanan.
4.
Disiplin pribadi:
Juga berpengaruh karena dengan
sikap disiplin seeorang bisa menghargai segala sesuatuwaktu,
5.
Berkeahlian khusus
Setiap
manusia pasti mempunyai kelebihan/keahlian khusus hanya tinggal bagaimana ia
mengetahui dan meningkatkan keahlian yang dimilikinya hingga benar – benar ahli
dan dibutuhkan oleh perusahaan.
6.
Bisa bekerja sama dalam team
Sangat
berpengaruh karena dalam perusahaan akan banyak kasus permasalahan yang mungkin
tidak bisa diselesaikan dengan individu, melainkan dengan kelompok.dalam hal
ini diharapkan kita bisa berpengaruh dengan mengeluarkan ide-ide baru untuk
menyelesaikan kasus tersebut atau mungkin memajukan perusahaan dimana ia
bekerja.
- Faktor-faktor penghambat alam berkarier
1.
Malas
Malas adalah sebuah sifat atau mungkit penyakit yang
hampir dimiliki setiap orang, jika orang sudah malas maka dia tidak akan
melakukan sesuatu dalam bekerja apalagi berkarier.
2.
pesimistis
Sifat pesimistis ini bisa dibilaang
orang yang selalu melihat kesulitan atau kegagalan dalam berkarier sehingga
dalam mencoba hal baru dia akan merasa takut untuk jatuh atau gagal.
3.
Tidak
mempunyai keinginan untuk maju
Seseorang yang seperti ini
bisa dibilang orang yang sudah merasa puas dengan karirnya sehingga dia hanya
berkarier pada pekerjaan itu-itu saja.
4.
Tidak
mau meningkkatkan hasil kerja.
Maksudnya adalah hanya bekerja
dengan hasil kerja yang biasa ia kerjakan tanpa membuat atau memikirkan
inisiatif-inisiatif yang lebih baik untuk kariernya.
Itu semua adalah hal yang
sangat menghambat perkembangan dan kemajuan seseorang dalam berkarier.
- Membina karier kerja:
Yakni
berartikan merawat,menjaga,pekerjaan apa yang telah kita dapatkan serta
meningkatkannya kejenjang karier yang lebih tinggi
- Cara-cara membina karier kerja adalah sebagai berikut:
1.
Konsisten
Tetap selalu berusaha bekerja
dengan baik meskipun lagi banyak masalah diluar.
2.
Meng-up
date ilmu/pengetahuan
Semkin majunya zaman dan
teknology tidak dipungkuri lagi bahwa ilmu pengetahuan akan semakin meningkat
jadi seseorang dalam membina kariernya perlu meningkatkanya agar bisa bekerja
dengan baik pada era yang terus berubah.
3.
Terus
tetap belajar
Meskipun telah mahir dalam
bidang yang kita tekuni kita tetaplah harus belejar,entah dari buku pengetahuan
atau dari pengalaman yang tlah kita dapatkan guna meningkatkan wawasan dan
pengetahuan kita.
4.
Jangan
sombong
Sombong Adalah sifat suka
meremehkan,baik meremehkan manusia,waktu,atau mungkin kesempatan yang ada, Seseorang yang mempunyai rasa
yang seperti ini tidak akan pernah bisa membina kariernya.
Komunikasi
kerja ini sangat penting dalam suatu peningkatan karier dan kemajuan perusahaan
agar tidak terjadi kesalah pahaman serta perbedaan tujuan dan pendapat .
Jenis komunikasi kerja ada 3
yakni:
1.
Komunikasi
dari atasan pada bawahan
Komunikasi ini biasanya berisi
tentang, motivasi,prosedur pkerjaan,arahan,dan perintah-perintah atasan
terhadap bawahan.
2.
Komunikasi
dari bawahan pada atasan
Komunikasi ini biasanya berisi
tentang usulan,pendapat, atau masukan-masukan dari bawahan yang ditujukan pada
atasan.
3.
Komunikasi
antar bawahan/karyawan
Komunikasi ini bertujuan
menyatukan tujuan dalam bekerja sama agar tidak ada kesalah pahaman dalam
bekerja antara karyawan satu dengan karyawan yang lain.
- Membangun kesan positif
Dalam
membangun kesan positif ini kita harus pandai dalam memnempatkan/melakukan
sesuatu hal yang benar-benar disukai oleh atasan atau rekan kerja kita, hal ini
bertujuan agar atasan atau rekan kerja kita benar-benar senang dengan
keberadaan kita dalam situasi pekerjaan.
Cara-cara mengembangkan kesan
positif:
1.
saling
menghargai
semua orang akan senang jika
dalam melakukan segala sesuatu itu akan dihargai,dan mengharagi ini bisa
dilakukan dengan saling mengerti perbedaan pekerjaan atau pendapat yang ada
antar sesama manusia.
2.
Bekerja
secara professional
Yakni melakukan suatu
pekerjaan pada tempat dan waktunya tanpa mengganggu/melakukan hal-hal lain
diluar pekerjaan kita.
3.
Bertanggung
jawab
Yakni bertanggung jawabpada
pekerjaan yang telah kita buat apabila terdapat kesalahan-kesalahan yang ada
pada pekerjaan kita.
4.
Bekerja
dengan sepenuh hati
Hal ini akan membuat kita
lebih rileks dalam melakukan suatu pekerjan jika kita melakukannya dengan
sepenuh hati.
5.
Membina
hubungan baik
Membina hubungan baik ini bisa
dengan banyak cara salah satu contohnya adalah dengan memberikan senyuman yang
tulus,membantu kesulitanya,dan berbincang-bincang diwaktu luangnya.
- Profesionalisme kerja
Adalah seseorang yang mempunyai keahlian, keterampilan,dan
kedisiplinan bertingkah laku/bekerja dalam suatu perusahaan .dan sifat
professional ini sangat disukai oleh semua orang.
Ciri-ciri professional kerja:
1.
Selalu
berusaha untuk sempurna
Yakni dalam melakukan
pekerjaan seorang yang professional dia akan selalu meningkatkan hasil kerjanya
sampai beanar-benar baik/sempurna.
2.
Teliti
dan bersungguh
Yakni focus pada apa yang ia
kerjakan dan teliti/atau detail dengan pekerjaannya yang sehingga ada kesalahan
atau kekurangan ia akan berusaha untuk membenahi.
3.
Bekerja
dengan tekun dan tabah
Yakni tetap tabah dan berusaha
mengerjakanya meskipun ia berada dalam tekanan dan kesulitannya.
0 komentar:
Post a Comment