SKRIPSI : Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Software Akuntansi FINA di Surabaya
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini,
semakin banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri di Indonesia baik itu di
bidang jasa, dagang maupun industri. Setiap perusahaan pasti memiliki rencana
keuangan yang berbeda-beda. Saat ini semua perusahaan wajib membuat suatu laporan yang berkaitan dengan perkembangan
keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu secara akurat dan cepat.
Salah satu faktor penting yang tidak boleh diabaikan oleh
para pemilik perusahaan adalah proses pembukuan laporan keuangan. Hal ini
sering banyak diabaikan oleh para pelaku usaha banyak yang lebih fokus pada
target penjualan dan pengembangan bisnis usaha. Padahal penjualan yang tinggi
dan pengembangan bisnis usaha sangat memerlukan data-data seperti pembukuan
laporan keuangan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan di masa yang akan
datang. Jika data-data keuangan tidak benar dan tidak terdokumentasikan dengan
baik, tentunya informasi yang didapatkan tidak sesuai dengan kondisi asli
perusahaan sehingga dapat berdampak pada salahnya pengambilan keputusan
stategis dimasa dating, dampak terburuk yang bisa dihadapi adalah mungkin
perusahaan bisa berhenti beroperasi.
Kesuksesan perusahaan sangat bergantung oleh kondisi laporan
keuangan. Karena itu, melalui laporan keuangan, pihak internal atau manajemen
perusahaan akan mengetahui kondisi perusahan sehingga dapat merancang sistem
yang lebih efektif bagi perusahaan. Untuk mencapai semua itu perusahaan butuh
manajemen yang bagus agar operasional bisa
berjalan dengan lancar dan dapat terkontrol dengan baik dan efektif.
Mengingat saat ini zaman digital dimana teknologi telah
berkembang pesat dan membutuhkan kecepatan informasi tentu perusahaan
membutuhkan software akuntansi untuk memudahkan kinerja nya dalam mengelola
laporan keuangan secara professional dan bisa membantu memudahkan perusahaan
untuk dapat mengelola keuangannya dengan baik dan cepat serta mengurangi resiko
kesalahan pencatatan atau pembukuan yang di lakukan secara manual.
PT. Integritas Makmur Mandiri (IMAMATEK) merupakan perusahaan
pengembang software akuntansi dengan nama Finance and Accounting Software (FINA).
Perusahaan ini berdiri sejak 2006 dengan
di dukung oleh para programmer yang hebat, tim implementasi yang berpengalaman,
dan customer service yang selalu
memberikan pelayanan yang terbaik.
FINA merupakan sebuah software akuntansi keuangan yang
mempunyai fasilitas lengkap yang dapat menghasilkan laporan keuangan secara
akurat dan cepat sehingga mempermudah pengontrolan
posisi kas, piutang, hutang serta stok
persediaan yang mana antara divisi satu ke divisi yang lain sudah terintegrasi
sehingga data bisa dapat terkelola dengan baik dalam satu database.
Beberapa keunggulan yang di miliki Software Akuntansi FINA,
antara lain :
1. Fitur yang lengkap (Pembelian,
Penjualan, Persediaan, Aktiva Tetap, Buku Besar, Kas Bank) yang sudah
terintegrasi.
2. Perhitungan realize/unrealize gain
or loss on foreign exchange secara otomatis. Perhitungan ini merupakan
penjabaran selisih kurs dalam transaksi dan penyesuaian kurs setiap akhirn bulan
dalam bentuk mata uang lokal.
3. Dapat menyajikan perhitungan pajak
sesuai dengan Ketentuan Umum Pajak (KUP) yang berlaku di Indonesia dan sudah
tersinkronisasi dengan E-Faktur.
4. Serial Number untuk barang-barang
elektronik yang menggunakan nomor seri dan mudah untuk melacak garansi dan
keperluan lain-lain.
5. Fungsi recurring untuk pencatatan
pembelian, penjualan, pembiayaan pesanan, dan kas/bank secara berulang,
sehingga pengguna tidak perlu menginput ulang tetapi cukup memilih daftar yang
ada.
6. Jika perusahaan memiliki cabang yang
berbeda lokasi maka database pusat tidak
perlu menginput ulang setiap
transaksi cabang. Secara Online maupun Offline data dapat di export oleh cabang
kemudian di import oleh pusat sehingga di data pusat terkumpul semua transaksi
cabang.
Namun seiring dengan kebutuhan setiap
perusahan berbeda-beda terkadang pelayanan yang di berikan tidak selalu
memuaskan para penggunanya baik dari segi kualitas pelayanan dan waktu yang di
berikan mengingat banyaknya jumlah pengguna.
Kepuasan
pelanggan merupakan tingkat perasaan di mana seseorang menyatakan hasil
perbandingan atas kinerja barang atau jasa yang diterima dan yang diharapkan
(Kotler, dalam Lupiyoadi, 2001:158). Sedangkan menurut Buttle (2004:29), Kepuasan
pelanggan adalah respon berupa perasaan puas yang timbul karena pengalaman
mengkonsumsi suatu produk atau layanan, atau sebagian kecil dari pengalaman
itu.
Untuk
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan pengguna software akuntansi FINA yang di
berikan oleh perusahaan yaitu dengan menggunakan variabel keandalan, daya
tanggap dan jaminan terhadap kepuasan pengguna.
Berdasarkan latar
belakang diatas, maka penulis mengambil judul penelitian tentang “Analisis Pengaruh Keandalan, Daya Tanggap dan Jaminan
Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Software Akuntansi FINA di Surabaya“.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka
permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah:
1. Apakah variabel kualitas pelayanan (keandalan,
daya tanggap dan jaminan) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna software
akuntansi FINA di Surabaya ?
2. Variabel
mana yang relative lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan software
akuntansi FINA di Surabaya ?
C. Tujuan Penelitian
1. Untuk
mengetahui dan mengukur apakah variabel kualitas pelayanan (keandalan, daya tanggap
dan jaminan) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna software akuntansi
FINA di Surabaya.
2.Untuk
mengetahui dan mengukur variabel mana yang relatif lebih dominan berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan pengguna software akuntansi FINA di Surabaya.
D.
Manfaat
Penelitian
1. Bagi Penulis
Hasil penelitian ini diharapkan
dapat menambah perbendaharaan perpustakaan STIE WIDYA WIWAHA YOGYAKARTA khususnya
dalam bidang manajemen pemasaran serta dapat digunakan sebagai referensi untuk
penelitian berikutnya.
2. Bagi
Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan bisa
digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh manajemen perusahaan PT. IMAMATEK (Integritas Makmur
Mandiri) sebagai program tindak lanjut untuk mengetahui faktor-faktor apa saja
yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap penggunaan software
akuntansi FINA.
3. Bagi
Pihak Lain
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan
referensi dalam melakukan penelitian di masa yang akan datang.
E.
Ruang Lingkup Penelitian
Untuk
mempermudah dalam menganalisis permasalahan dan pemecahan sehingga dapat
terarah maka dilakukan pembatasan masalah.
Dalam
penelitian ini lokasi dibatasi hanya pelanggan pengguna software akuntansi FINA
di wilayah Surabaya, dan variabel yang digunakan terdiri dari variabel keandalan,
daya tanggap dan jaminan.
0 komentar:
Post a Comment