SKRIPSI : “ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PONSEL SAMSUNG BERBASIS ANDROID PADA PT. GUBAH TIARA PERKASA SURABAYA”


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan berkembangnya perekonomian dewasa ini yang ditandai dengan pertumbuhan industri dan perdagangan yang demikian pesat, menyebabkan timbulnya persaingan diantara perusahaan semakin ketat dalam merebut pasar untuk melemparkan hasil produksinya. Mesin-mesin yang serba otomatis dapat menghasilkan produk secara besar-besaran. Namun, kemampuan berproduksi umumnya lebih besar bila dibandingkan dengan volume penjualan. Ini merupakan tantangan bagi pimpinan perusahaan untuk menggiatkan pemasarannya.
Berbagai macam ide bisnis pun dikeluarkan oleh para pebisnis agar dapat terus bersaing di pasaran dan berharap menjadi yang nomor satu. Mulai dari bisnis kuliner, otomotif, asuransi, pakaian, kesehatan, kecantikan, elektronik, dan lain sebagainya. Salah satu bisnis yang menjanjikan di zaman yang modern ini adalah peluang bisnis elektrronik karena saat ini, alat-alat elektronik terutama ponsel sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern di Indonesia maupun di dunia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, hampir semuanya mempunyai ponsel. Dengan adanya perubahan gaya hidup tersebut, bisnis elektronik sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat modern. Semakin tinggi tingkat ekonomi, masyarakat semakin tergoda untuk membeli ponsel-ponsel canggih untuk kebutuhan maupun hanya untuk meningkatkan kelas sosial.
Jika dahulu seseorang cukup duduk di belakang barang dagangannya sambil menanti calon pembeli, sekarang mau tidak mau harus keluar menemui pembeli untuk menawarkan barang dagangannya. Mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan agar mau membeli adalah hal yang sangat penting agar produk yang kita hasilkan cepat laku terjual. Komunikasi yang baik dengan para calon pembeli adalah komunikasi yang dapat menimbulkan persepsi konsumen dan membentuk suatu rangsangan untuk mengetahui lebih banyak dan pada akhirnya akan menimbulkan minat beli.
Minat beli merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian (Assael, 2001).
Namun, minat beli tidak hanya di timbulkan dengan komunikasi semata tetapi juga dengan adanya promosi. Promosi yang sukses tergantung pada cara marketer dalam melakukan promosi. Pada umumnya, cara yang di terapkan oleh para marketer yaitu menggunakan bauran promosi (Promotion mix). Bauran promosi terdiri dari iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan perorangan. Menghadapi hal itu, Samsung, terutama departemen pemasarannya sangat memperhatikan bagian promosi untuk meningkatkan volume penjualan sesuai dengan target yang telah direncanakan. Macam-macam promosi yang dilaksanakan oleh Samsung yaitu : iklan, promosi penjualan, publikasi, dan penjualan perorangan.
Atas dasar latar belakang yang telah diutarakan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian secara ilmiah tentang promotion mix. Hasil dari penelitian tersebut di tuang dalam sebuah proposal yang penulis beri judul : “ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PONSEL SAMSUNG BERBASIS ANDROID PADA PT. GUBAH TIARA PERKASA SURABAYA.”
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarakan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Bagaimanakah pengaruh bauran promosi terhadap perilaku pembelian ponsel Samsung berbasis Android pada PT. Gubah Tiara Perkasa Surabaya?
2.      Diantara bauran promosi yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan langsung, elemen promosi manakah yang paling berpengaruh terhadap perilaku pembelian?
1.3  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah dan pertanyaan penelitian di atas, tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah sebagai berikut :
1.    Untuk menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap perilaku pembelian ponsel Samsung berbasis Android pada PT. Gubah Tiara Perkasa Surabaya
2.    Untuk menganalisis elemen bauran yang paling berpengaruh terhadap perilaku pembelian.

1.4  Manfaat penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa :
1.    Bagi perusahaan, dapat memberikan manfaat sebagai saran atau kritik untuk perusahaan agar dapat lebih berkembang dan maju dalam memasarkan produk dan mengetahui cara-cara untuk menarik perhatian serta minat beli konsumen.
2.    Bagi peneliti, yaitu sebagai pembelajaran dalam memperoleh data dan informasi yang tepat.

3.    Bagi peneliti selanjutnya, yaitu sebagai acuan atau referensi untuk perbandingan dalam melakukan penelitian di bidang yang sama.

(a.r/red)

0 komentar:

Copyright © Ainur R. 2018 Berbagi Ilmu