SKRIPSI : Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Software Akuntansi FINA di Surabaya


BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
            Di era globalisasi saat ini, semakin banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri di Indonesia baik itu di bidang jasa, dagang maupun industri. Setiap perusahaan pasti memiliki rencana keuangan yang berbeda-beda. Saat ini semua perusahaan wajib membuat suatu  laporan yang berkaitan dengan perkembangan keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu secara akurat dan cepat.
Salah satu faktor penting yang tidak boleh diabaikan oleh para pemilik perusahaan adalah proses pembukuan laporan keuangan. Hal ini sering banyak diabaikan oleh para pelaku usaha banyak yang lebih fokus pada target penjualan dan pengembangan bisnis usaha. Padahal penjualan yang tinggi dan pengembangan bisnis usaha sangat memerlukan data-data seperti pembukuan laporan keuangan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan di masa yang akan datang. Jika data-data keuangan tidak benar dan tidak terdokumentasikan dengan baik, tentunya informasi yang didapatkan tidak sesuai dengan kondisi asli perusahaan sehingga dapat berdampak pada salahnya pengambilan keputusan stategis dimasa dating, dampak terburuk yang bisa dihadapi adalah mungkin perusahaan bisa berhenti beroperasi.
Kesuksesan perusahaan sangat bergantung oleh kondisi laporan keuangan. Karena itu, melalui laporan keuangan, pihak internal atau manajemen perusahaan akan mengetahui kondisi perusahan sehingga dapat merancang sistem yang lebih efektif bagi perusahaan. Untuk mencapai semua itu perusahaan butuh manajemen yang bagus agar operasional  bisa berjalan dengan lancar dan dapat terkontrol dengan baik dan efektif.
Mengingat saat ini zaman digital dimana teknologi telah berkembang pesat dan membutuhkan kecepatan informasi tentu perusahaan membutuhkan software akuntansi untuk memudahkan kinerja nya dalam mengelola laporan keuangan secara professional dan bisa membantu memudahkan perusahaan untuk dapat mengelola keuangannya dengan baik dan cepat serta mengurangi resiko kesalahan pencatatan atau pembukuan yang di lakukan secara manual. 
PT. Integritas Makmur Mandiri (IMAMATEK) merupakan perusahaan pengembang software akuntansi dengan  nama Finance and Accounting Software (FINA). Perusahaan  ini berdiri sejak 2006 dengan di dukung oleh para programmer yang hebat, tim implementasi yang berpengalaman, dan customer service yang selalu memberikan pelayanan yang terbaik.
FINA merupakan sebuah software akuntansi keuangan yang mempunyai fasilitas lengkap yang dapat menghasilkan laporan keuangan secara akurat dan cepat sehingga mempermudah  pengontrolan  posisi kas, piutang, hutang serta stok persediaan yang mana antara divisi satu ke divisi yang lain sudah terintegrasi sehingga data bisa dapat terkelola dengan baik dalam satu database.
Beberapa keunggulan yang di miliki Software Akuntansi FINA, antara lain :
1.    Fitur yang lengkap (Pembelian, Penjualan, Persediaan, Aktiva Tetap, Buku Besar, Kas  Bank) yang sudah terintegrasi.
2.  Perhitungan realize/unrealize gain or loss on foreign exchange secara otomatis. Perhitungan ini merupakan penjabaran selisih kurs dalam transaksi dan penyesuaian kurs setiap akhirn bulan dalam bentuk mata uang lokal.
3.    Dapat menyajikan perhitungan pajak sesuai dengan Ketentuan Umum Pajak (KUP) yang berlaku di Indonesia dan sudah tersinkronisasi dengan E-Faktur.
4.    Serial Number untuk barang-barang elektronik yang menggunakan nomor seri dan mudah untuk melacak garansi dan keperluan lain-lain.
5. Fungsi recurring untuk pencatatan pembelian, penjualan, pembiayaan pesanan, dan kas/bank secara berulang, sehingga pengguna tidak perlu menginput ulang tetapi cukup memilih daftar yang ada.
6.    Jika perusahaan memiliki cabang yang berbeda lokasi maka database pusat tidak
perlu menginput ulang setiap transaksi cabang. Secara Online maupun Offline data dapat di export oleh cabang kemudian di import oleh pusat sehingga di data pusat terkumpul semua transaksi cabang.
 Namun seiring dengan kebutuhan setiap perusahan berbeda-beda terkadang pelayanan yang di berikan tidak selalu memuaskan para penggunanya baik dari segi kualitas pelayanan dan waktu yang di berikan mengingat banyaknya jumlah pengguna.
Kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan di mana seseorang menyatakan hasil perbandingan atas kinerja barang atau jasa yang diterima dan yang diharapkan (Kotler, dalam Lupiyoadi, 2001:158). Sedangkan menurut Buttle (2004:29), Kepuasan pelanggan adalah respon berupa perasaan puas yang timbul karena pengalaman mengkonsumsi suatu produk atau layanan, atau sebagian kecil dari pengalaman itu.
Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan pengguna software akuntansi FINA yang di berikan oleh perusahaan yaitu dengan menggunakan variabel keandalan, daya tanggap dan jaminan terhadap kepuasan pengguna.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mengambil judul penelitian tentang Analisis Pengaruh Keandalan, Daya Tanggap dan Jaminan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Software Akuntansi FINA di Surabaya“.
B.        Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah:
1. Apakah variabel kualitas pelayanan (keandalan, daya tanggap dan jaminan) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna software akuntansi FINA di Surabaya ?
2.  Variabel mana yang relative lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan software akuntansi FINA di Surabaya ?
C.       Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui dan mengukur apakah variabel kualitas pelayanan (keandalan, daya tanggap dan jaminan) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna software akuntansi FINA di Surabaya.
2.Untuk mengetahui dan mengukur variabel mana yang relatif lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna software akuntansi FINA di Surabaya. 
D.       Manfaat Penelitian
1.  Bagi Penulis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah perbendaharaan perpustakaan STIE WIDYA WIWAHA YOGYAKARTA khususnya dalam bidang manajemen pemasaran serta dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian berikutnya.
2.  Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh manajemen  perusahaan PT. IMAMATEK (Integritas Makmur Mandiri) sebagai program tindak lanjut untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap penggunaan software akuntansi FINA.
3.  Bagi Pihak Lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi dalam melakukan penelitian di masa yang akan datang.
E.        Ruang Lingkup Penelitian
Untuk mempermudah dalam menganalisis permasalahan dan pemecahan sehingga dapat terarah maka dilakukan pembatasan masalah.
Dalam penelitian ini lokasi dibatasi hanya pelanggan pengguna software akuntansi FINA di wilayah Surabaya, dan variabel yang digunakan terdiri dari variabel keandalan, daya tanggap dan jaminan.


0 komentar:

Copyright © Ainur R. 2018 Berbagi Ilmu