INILAH 3 TIPS MENJADI MAHASISWA PERANTAU YANG BAIK


Waktu seakan terasa begitu cepat, satu persatu teman sekolah berpisah ada yang kuliah ke luar pulau, ada yang memutuskan untuk langsung bekerja bahkan ada juga yang lebih memilih untuk langsung menikah.

Hidup ini memang pilihan karena setiap orang mempunyai hak untuk memilih jalan hidup yang mereka inginkan. Semua pilihan itu semua baik tergantung dari niat dan tujuan awal  kita yang membedakannya.

Kembali ke topic, Beberapa teman memilih untuk melanjutkan studi kuliahnya ke luar kota, hanya saja terkadang kita sebagai mahasiswa baru sering terpengaruh akan gaya hidup kota yang serba materialistis, hedonis dan lain sebagainya ironis sekali, tak jarang banyak mahasiswa yang terjerumus kedalamnya seperti seringnya ke dunia malam, begadang sampai pagi tanpa tujuan yang jelas, sibuk urusan cewek, jalan-jalan dari kota ke kota gunung kegunung tidak ada bedanya sama Dora The Explorer saja Hahaha .. :D yang mana pada akhirnya kuliah jadi korbannya. mau kuliah bangun jadi kesiangan, tugas tidak ada yang di kerjakan, bolos kuliah keseringan.

Mengapa bisa demikian ??

factor utama adalah karena tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan dan lemahnya tujuan hidup kita yang mana seakan-akan terombang-ambing layaknya buih di lautan, di ajak sana sini mau tidak peduli itu baik atau buruk yang ada dalam pikiran mereka atas nama teman atau loyalitas semua tidak ada batas, mereka bilang Hidup ini bebas maka dari itu harus dinikmati.

Tapi pada akhirnya apa yang terjadi ?? 

Kuliah tidak sampai selesai .. !!  berapa banyak uang yang orang tua kita keluarkan untuk membiayai kita kuliah apakah kita tidak merasa kasihan dan berapa banyak keringat yang mereka teteskan hanya untuk membiayai kita agar bisa menjadi orang yang sukses dan lebih baik nasibnya dari mereka, bukan hanya itu hal yang  terpenting adalah waktu, kenapa ?? karena waktu seakan terbuang percuma, tidak ada manfaat yang diperoleh malah celaka yang akan diterima. Padahal berapa banyak petuah yang mengatakan kalau waktu itu adalah nyawa dari saking berharga dan pentingnya sebuah waktu, karena tidak ada yang tahu kita masih bisa bernafas sampai kapan, bisa saja detik ini, hari ini, bulan ini, tahun ini, semua tidak ada yang tahu. Bahkan dalam Islam mengatakan jika hari ini sama dengan hari kemarin kita adalah orang yang rugi tapi jika hari ini lebih buruk dari hari kemarin kita adalah orang yang celaka. Naudzubillah .. !!

Disini Penulis ingin berbagi beberapa tips untuk menjadi mahasiswa perantau yang baik :

1. Tujuan atau Niat


Tujuan atau Niat adalah hal utama yang menjadikan kita bisa beradaptasi dengan mudah dan berprestasi dengan unggul. Karena apabila kita menjadikan tujuan dan niat adalah pedoman kita dalam kuliah atau belajar kita tidak akan mudah terganggu maupun terpengaruh oleh lingkungan, teman  tau hal-hal lain akan hal-hal yang tidak bermanfaat untuk kita seperti misalnya ketika kita mau kuliah tapi teman mengajak kita untuk jalan-jalan atau ngopi kita langsung terfikir kalau tujuan awal ke kota ini bukanlah untuk bersenang-senang maupun jalan-jalan melainkan untuk menuntut ilmu dan belajar dengan sungguh-sungguh. Itulah gunanya kekuatan atau motivasi  yang dilandasi dengan Niat, dan itu harus ada dalam benak kita.

2. Teman


Teman adalah salah satu factor penyebab baik atau buruknya kita di perantauan. Karena apabila kita tidak bisa mengontrol pergaulan, kita malah akan terjebak ke dalam keburukan atau sebaliknya kita bisa ikut dalam kebaikan, untuk itu betapa pentingnya memilih teman yang baru kita kenal di luar kota sana. Tidak ada salahnya kita berteman dengan siapapun yang terpenting bagaimana kita bisa beradaptasi dan memimpin diri kita sendiri itulah kuncinya. Untuk itu berhati-hati lah dalam berteman.

3. Lingkungan Tinggal


Terakhir Lingkungan juga merupakan factor penting dalam sebuah kesuksesan dalam perkuliahan. Karena ketika kita berada di tempat yang mayoritas keseharian masyarakatnya lebih islami atau baik kita bisa menjadi terpengaruh olehnya kita bisa menjadi lebih alim, taat, santun dan sebagainya, misalnya ketika tempat tinggal kita dekat dengan masjid beda dengan yang dekat dengan mall ataupun tempat-tempat hiburan, itu sangat memberikan dampak bagi kita. Untuk itu maka carilah lingkungan yang baik yang bisa mengajak kita kedalam kebaikan bukan dalam keburukan.

Dan setelah ketiga hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, yang terakhir jangan lupa BERDO’A untuk kesuksesan diri kita sendiri dan semoga tetap berada dalam lindungan-Nya dan selalu mendapat rahmat dan kasih sayang-Nya, sehingga kita bisa menjadi orang yang beruntung hidup di dunia ini. Aamiin .. !! 

Mungkin hanya ini yang bisa penulis bagikan pada teman-teman sekalian, semoga bermanfaat. Terima kasih

(a.r / red)




0 komentar:

Copyright © Ainur R. 2018 Berbagi Ilmu