PENERAPAN 7 MARKETING MIX E-COMMERCE ZALORA

1. Sejarah Zalora              
Zalora merupakan salah satu retailer e-commerce fashion terkemuka di Indonesia yaitu sebuah situs berbelanja online atau online shop yang menyediakan alat-alat elektronik, komputer, gadget, pakaian, sepatu, aksesoris dll. Pendiri Zalora Indonesia adalah Catherine Sutjahyo pada tahun 2012 yang dibantu oleh 10 orang rekannya
Zalora sebagai online fashion destinasi terbesar di Asia Tenggara, didirikan pada awal tahun 2012. Zalora berada di Singapura, Indonesia, Malaysia & Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, Hong Kong dan akan memperluas hingga ke Taiwan, ZALORA Taiwan.
ZALORA Indonesia merupakan bagian dari ZALORA Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, yang dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia dan mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru.
Rocket Internet GmBH adalah inkubator startup online terbesar di dunia, beberapa usaha lainnya yang hadir di Indonesia meliputi Wimdu, Foodpanda, PricePanda, Lamudi, dan Carmudi.
Kendati e-commerce sudah masuk Indonesia sejak 15 tahun silam, pertumbuhannya masih lambat dibanding negara lain. Berdasarkan data dari UBS Report, dibandingkan negara ASEAN lain seperti Malaysia dan Thailand, jumlah online shoppers Indonesia hanya berkisar 5% dari online users. Namun, Jo Bjordal, Head of Marketing Zalora Indonesia, menilai pasar Indonesia sangat potensial. Apalagi pekembangan mobile digital Indonesia juga besar, sekitar 62%. Oleh karena itu, Zalora optimis bisa menguasai pasar Indonesia.
Terbukti Zalora kini mampu tumbuh dua digit setiap bulannya. Padahal, brand e-commerce asal Norwegia ini baru masuk ke pasar Indonesia pada 2012 silam lewat platform Rocket Internet.
Strategi pemasaran bisnis Zalora di dalam penerapan Marketing MixMarketing adalah Cara menginformasikan tentang sebuah produk dengan cara yang menarik dan lugas agar pendengarnya bisa memahami apa yang ditawarkan.
Barang atau jasa yang ditawarkan biasanya memiliki kriteria dan fungsi tertentu. Dengan demikian, maka cara memasarkanyapun tentu tidak sama.
Cara atau teknik pemasaran inilah yang harus kita pelajari agar kita mampu memberikan penawaran kepada calon pembeli sehingga pembeli mau membelinya. Istilah penawaran ini lah yang disebut dengan Marketing Mix. Marketing mix ini sudah banyak dikenal orang karena mudah menerapkanya.

Seperti contoh di bawah ini yaitu penerapan marketing mix dalam pemasaran jasa online e-commerce Zalora :

1. Product

Produk adalah barang atau jasa yang akan diterima seorang pembeli ketika mereka mengeluarkan sejumlah uang.
Dalam hal ini produk dari Zalora Memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal, internasional dan designer, pelanggan kami dapat berbelanja online dengan pilihan produk fashion pria dan wanita mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris dan produk kecantikan.
Pilihan brand-brand berkualitas dari luar negeri seperti Adidas, Steve Madden, Calvin Klein, Guess, Hush Puppies, Oakley, Nike, Rip Curl, dan juga ada merk-merk lokal yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti Contempo, (X) S.M.L, dsb.
Selain itu, produk di Zalora mencapai  10.000 produk yang mencakup fashion, aksesoris, tas, sepatu, kecantikan, bahkan dekorasi rumah.
Produk-produk tersebut dibagi menjadi beberapa katagori yaitu katagori wanita, pria, dan anak-anak. Produk untuk wanita terdiri atas wedges, flats, heels, sandal, atasan, dresses, jeans, tas dan aksesoris. Kalau produk untuk pria terbagi atas sepatu formal, sepatu casual, sepatu olahraga, sneakers, celana pendek, jeans, T-shirt, dan kemeja. Sedangkan produk untuk anak-anak tersedia mulai atasan, bawahan, dan sepatu untuk anak laki-laki dan perempuan.
Bagi para muslim atau hijabers, bisa langsung klik katagori busana muslim yang menyediakan berbagai fashion muslim yang elegan, anggun, dan fashionable. Konsumen juga bisa langsung mencari produk berdasarkan brand yang tersedia dengan klik katagori brand. Kalau ingin update produk, langsung saja klik katagori New yang menyediakan berbagai informasi tentang produk-produk baru di Zalora.
Semua produk tersebut di tampilkan di website Zalora dengan informasi yang sangat jelas dan lengkap. Informasi tersebut mencakup pilihan ukuran, tabel ukuran, rincian produk, bahkan gambar yang menampilkan semua sisi produk.
Selain memberikan informasi terperinci tentang produk yang dijual, Zalora pun menyediakan Brand Information di setiap produknya. Inilah salah satu kelebihan Zalora dibandingkan dengan online shop yang lain. Kebanyakan online shop lain tidak mencantumkan penjelasan apapun tentang brand sehingga terkesan meragukan.
Brand Information di Zalora sangat membantu konsumen untuk mengetahui seluk beluk brand dari produk yang akan dibelinya. Dengan adanya Brand Information, konsumen bisa lebih mudah menentukan produk mana yang sesuai dengan pilihannya.

2. Price
Harga adalah seberapa besar nilai atau jumlah uang yang dibayarkan pembeli untuk mendapatkan sebuah produk barang atau jasa.
Harga barang di counter toko dan di Zalora juga tidak ada perbedaan, sehingga memberikan konsumen kemudahan dan kesenangan dalam berbelanja online.
Meski mengusung konsep brand yang mewah dan elegan, Zalora tetap berbaik hati dengan menyediakan berbagai produk berkualitas dengan harga terjangkau. Inilah kelebihan Zalora yang lain. Zalora memberikan harga spesial yang menggiurkan agar konsumen bisa menemukan berbagai produk menarik dengan harga yang ramah di kantong.
Zalora menyediakan produk dengan harga terjangkau dalam dua  pilihan yaitu  Sale dan <300.  Sale berisi berbagai produk dengan potongan harga yang lumayan besar, adapun  <300 berisi produk-produk dengan semua  harga yang dipatok berada di bawah angka Rp 300.000.  Dalam <300 tersedia dalam beberapa opsi yang memudahkan konsumen dalam mencari produk yang sesuai.
Bagi konsumen yang ingin berdasarkan harga yang tersedia, bisa klik Harga yang tersedia dalam dua fitur yaitu Rp 100.000,0-Rp250.000,0 dan Rp 250.000,0-Rp500.000,0. Kalau ingin mencari produk berlabel <300 berdasarkan brand, konsumen bisa klik pilihan brand yang tersedia atau search brand yang diinginkan

3. Place

                 Place adalah  tempat yang menyangkut dimana kita akan menjual produk tersebut. Apakah di pasar tradisional, pasar modern, mall, kafe, pinggir jalan dll.
              Dalam hal ini Lokasi kantor ZALORA Indonesia berada di Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71 – 73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia) dan zalora juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja  via telepon dengan nomor : 021-29490100
– Senin s.d Jumat : 09.00 – 21.00 WIB
– Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB  email : help@zalora.co.id

4. Process

Proses adalah tindakan yang kita ambil dengan waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang sudah kita rencanakan. Proses juga bisa tentang prosedur dan tata cara bagaimana cara atau teknik menjualnya. jadi tidak hanya sembarangan.
Pertama, kita membuat akun di Zalora terlebih dahulu. Selanjutnya, kita bisa langsung berbelanja dengan mengisi keranjang belanja kita. Seperti langkah-langkah dibawah ini :
ü  Masuk ke http://www.zalora.co.id.
ü  Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan.
ü  Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
ü Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
ü  Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
ü  Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
ü    Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
ü  Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
ü Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
ü  Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.

5. Promotion

Promosi adalah kegiatan  mengkomunikasikan  informasi dari penjual  kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku.
Zalora juga mengadakan promosi untuk barang atau produk yang di jualnya sebagai berikut :
ü       Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, dll.
ü    Zalora tak hanya menawarkan berbagai produk yang berkualitas namun juga membahagiakan konsumen dengan berbagai tawaran yang menarik. Misalnya saja voucher belanja Rp 50.000 bagi siapapun yang berlangganan newsletter Zalora. Selain voucher, Zalora juga memberikan tawaran menggiurkan lain misalnya discount Rp 100.000 bagi pemilik kartu kredit ANZ dengan ketentuan yang berlaku.
ü     Zalora sering mengadakan Sale besar-besaran pada waktu-waktu tertentu   agar konsumen bisa tetap berbelanja dengan hemat. Sale yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung yaitu hingga 80%.
ü    Zalora juga tidak segan-segan memberikan kupon diskon berupa potongan Rp 75.000,00 bagi Anda yang pertama kali berbelanja di Zalora.
ü   Selain itu juga ada fitur live chat yang memudahkan calon konsumen untuk bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai produk yang mereka minati. Dengan cara ini, mereka akan lebih yakin untuk membeli dari situs ini.
ü     Zalora juga memiliki fitur Cash on Delivery (COD). Ini adalah fitur yang paling disenangi oleh masyarakat Indonesia. Maklum saja, orang Indonesia masih banyak yang merasa ragu dalam berbelanja online karena takut ditipu. Mereka juga merasa tidak yakin jika tidak melihat barangnya sendiri. Terbukti selama ini 50% transaksi Zalora menggunakan fitur COD ini.
ü      Zalora juga memberikan pelayanan yang terbaik yaitu dengan mengirimkan barang dalam waktu 2 hari kerja sejak hari pemesanan barang.
ü     Sekarang ini pun, Zalora telah meluncurkan aplikasi Zalora untuk smartphone dan tablet. Tentu ini menjadi suatu keunggulan tersendiri dibanding situs-situs retailer fashion lainnya mengingat sekarang ini semakin banyak orang yang lebih menyukai browsing di gadget yang bisa dibawa ke mana-mana dan juga praktis.
ü        Ada satu lagi kemudahan lain yang diberikan oleh Zalora yaitu gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Jadi, kita tak perlu lagi bingung-bingung menghitung pengeluaran untuk biaya pengiriman karena sudah ditanggung oleh Zalora.

6. People

People adalah orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri yang terlibat dalam marketing mix.
Orang-orang yang terlibat dalam jasa zalora ini kita mulai dari internal perusahaan yang pertama adalah programmer yaitu orang yang mengatur semua yang menyangkut program ataupun aplikasi zalora di berbagai media sekaligus menyambungkan koneksi dari konsumen ke pusat, selanjutnya ada karyawan yaitu orang yang mengatur dan melayani transaksi dari konsumen baik itu bagian cs, finance dll.
Dari Eksternal perusahaan ada distributor atau pemasok barang ke zalora, setelah itu ada juga bagian perantara yaitu orang yang bertugas mengantar barang atau produk yang dibeli konsumen sampai ke tempat tujuan dan yang terakhir yaitu konsumen ataupun masyarakat baik itu dari kalangan anak-anak sampai dewasa yaitu pemakai ataupun yang mempunyai kebutuhan terhadap barang atau produk tersebut.

7. Physical Evidence

Physical Evidence adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan apa saja. Bisa saja kemasan, atau mungkin tataletaknya dan lainya.
Zalora juga memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization). zalora memang tidak bekerja sama dengan search engine tertentu. Tapi, zalora punya tim hebat yang mampu menjadikan brand Zalora di posisi teratas. saat kita misalnya mencari brand pakaian, sepatu, atau tas. Dan zalora memastikan bahwa brandnya ada di top pencarian, baik di Google ataupun search engine lain.
Saat ini Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan produk.
Lebih jauh lagi, kemampuan built-in dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik, salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.
Copyright © Ainur R. 2018 Berbagi Ilmu